MAKALAH
METODOLOGI PENELITIAN
“SUMBER-SUMBER
PUSTAKA YANG SERING DIRUJUK OLEH KAKAK TINGKAT DAN CARA SEARCHING, TINJAUAN
PUSTAKA, SERTA CONTOH YANG BAGUS DARI JUDUL YANG BAGUS DARI PRESENTER PERTAMA”
OLEH :
HARI NUGRAHA PERSADA
(E1M013012)
PENDIDIKAN KIMIA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MATARAM
2016
SUMBER-SUMBER
PUSTAKA YANG SERING DIRUJUK OLEH KAKAK TINGKAT DAN CARA SEARCHING, TINJAUAN
PUSTAKA, SERTA CONTOH YANG BAGUS DARI JUDUL YANG BAGUS DARI PRESENTER PERTAMA
A. Pengertian Tinjauan Pustaka
Tinjauan
Pustaka mempunyai arti peninjauan kembali pustaka-pustaka yang terkait (review of related literature). Sesuai
dengan arti tersebut, suatu tinjauan pustaka berfungsi sebagai peninjauan
kembali (review) pustaka (laporan
penelitian, dan sebagainya) tentang masalah yang berkaitan.
B. Sumber Pustaka
Menurut
Arikunto (2013), sumber bahan pustaka dapat diklasifikasikan atas beberapa
jenis menurut bentuk dan isi. Menurut bentuknya sumber pustaka dibedakan atas
sumber tertulis (printed materials) dan sumber bukan tertuliskan (non printed
materials) sedangkan klasifikasi menurut isi, sumber pustaka dibedakan atas
sumber primer maupun sumber sekunder.
Menurut
Sugiyono (2013), Sumber bacaan yang baik harus memenuhi tiga kriteria, yaitu
relevansi, kelengkapan dan kemutakhiran (kecuali penelitian sejarah, penelitian
ini justru menggunakan sumber-sumber bacaan lama). Relevansi berkenaan dengan
kecocokan antara variabel yang diteliti dengan teori yang dikemukakan,
kelengkapan berkenaan banyaknya sumber yang dibaca, kemutakhiran berkenaan
dengan dimensi waktu. Makin baru sumber yang digunakan, maka semakin mutakhir
teori.
Jenis-jenis sumber pustaka ada yang
berupa media cetak,sumber pustaka non media cetak, termasuk electronic library
yang diakses melalui internet.
1. Media
cetak.
Secara umum ada 3
sumber pustaka media cetak yaitu:
a. Buku
acuan (General References)
b. Sumber
pustaka primer
c. Sumber
pustaka sekunder
2. Media
noncetak.
C. Cara Mencari/Searching Sumber
Pustaka
Ø Mencari sumber pustaka yang berupa
media cetak.
Langkah-langkah
yang harus ditempuh:
§ Menentukan
masalah penelitian secepat mungkin.
§ Mencari
dan mempelajari sumber pustaka skunder.
§ Memilih
buku acuan yang tepat.
§ Menentukan
kata-kata kunci yang relavan.
§ Mencari
sumber pustaka primer yang relevan.
§ Mendapatkan
sumber pustaka yang tidak tersedia di perpustakaan.
Ø Mencari sumber pustaka berupa media
elektronik/on-line
Sumber pustaka juga
dapat kita peroleh melalui akses internet dengan mesin pencari ( browser ).
D. Contoh yang Bagus dari Judul yang
Bagus dari Presenter Pertama
Dilihat dari Tinjauan Pustaka
1. Skripsi
dari Suhandri Wandriati yang berjudul “ Studi Komparasi Penggunaan Media
Animasi dengan Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem
Koloid Kelas XI IPA MAN 1 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015”
Dalam tinjauan
pustakanya:
2.1.1 Belajar dan Hasil
Belajar
Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi
pada diri setiap orang sepanjang hidupnya menurut Arsyad (2013). ….. dst
Belajar sebagai suatu aktivitas mental atau psikis
dipengaruhi oleh berbagai faktor. Menurut Slameto (2010) faktor- faktor yang
mempengaruhi proses dan hasil belajar dibagi atas dua faktor utama, yaitu
faktor yang bersumber dari dalam diri peserta didik atau faktor intern dan faktor yang berasal dari luar
peserta didik atau faktor ekstern.
……. dst
Tingkat perkembangan mental tersebut terwujud pada
jenis-jenis ranah kognitif, afektif, dan psikomotor (Dimyati, 2006).
Dilihat dari isi
tinjauan pustaka di atas, dapat dikatakan kalau isi dari tinjauan pustakanya
kurang lengkap, penulis tidak menuliskan kesimpulan atau rangkuman teori
menurut pendapatnya.
2. Skripsi
dari Lusi Lolita yang berjudul “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing
terhadap Prestasi Belajar Kimia Materi Koloid Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 7
Mataram”
Dalam tinjauan
pustakanya:
2.1.1 Pengertian
Prestasi Belajar
Menurut Syarif (2012), prestasi belajar siswa
memperlihatkan dirinya telah mengalami proses belajar dan telah mengalami
perubahan- perubahan baik perubahan dalam memiliki pengetahuan, keterampilan,
ataupun sikap. ….. dst
Prestasi belajar dapat diketahui setelah diadakan
evaluasi. Hal ini sesuai dengan yang dikemukakan Djamarah (2012) bahwa prestasi
belajar adalah hasil penilaian pendidikan tentang kemajuan siswa setelah
melakukan aktivitas belajar. …… dst
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi
belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti proses
pembelajaran dalam selang waktu tertentu yang dinyatakan dalam bentuk angka dan
huruf. Prestasi belajar tidak hanya berguna bagi guru untuk mengetahui berhasil
atau tidaknya proses pembelajaran yang dilakukan, tetapi diperlukan oleh siswa
untuk melihat berhasil atau tidaknya siswa belajar yang secara langsung dapat
menjadi motivasi untuk siswa itu sendiri dalam mencapai prestasi belajar yang
lebih baik.
Dilihat dari isi tinjauan pustaka
di atas, dapat dikatakan kalau isi dari tinjauan pustakanya sudah lengkap,
penulis menuliskan kesimpulan atau rangkuman teori menurut pendapatnya.
Dilihat
dari Sumber Pustaka
Skripsi
dari SUHANDRI WANDRIATI yang berjudul “ Studi Komparasi Penggunaan Media
Animasi dengan Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem
Koloid Kelas XI IPA MAN 1 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015”
Dalam skripsi ini adapun sumber pustaka yang
digunakan yaitu:
1)
Media
Cetak
Sumber
pustaka primer berupa skripsi
Dari skripsi seperti:
§ Agriastina,
R.P.2014. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Benar Salah Berantai terhadap Hasil
Belajar Kimia Materi Pokok Termodinamika Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Mataram Tahun
Ajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas
Mataram.
§ Rofiqa,
E. 2013. Pengaruh Metode Pemetaan Pikiran terhadap Hasil Belajar Kimia Materi
Pokok Hidrokarbon Pada Siswa Kelas X MAN 1 Mataram. Skripsi. Universitas Mataram.
Sumber
pustaka sekunder berupa buku teks
Dari buku teks seperti:
§ Arikunto,
S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
§ Sugiyono.
2013. Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
2)
Media
Noncetak yang diakses melalui internet
Sumber pustaka yang
berupa media noncetak yang diakses melalui internet seperti:
§ Santyasa,
I. W. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran.
Tersedia: http://www.freewebs.com/santyasa/pdf2/Media_Pembelajaran.pdf,
diakses pada 22 Januari 2015
Cara memperoleh
sumber-sumber pustaka di atas, yaitu:
a. Sumber
pustaka jenis media cetak
§ Sumber
pustaka primer berupa skripsi, dapat diperoleh atau diakses secara langsung di
Perpustakaan FKIP UNRAM yang berada di Lantai 2 gedung D, atau di UPT.
Perpustakaan UNRAM lantai 3
§ Sumber
pustaka skunder berupa buku teks, dapat diperoleh atau diakses langsung di UPT.
Perpustakaan UNRAM lantai 2
b. Sumber
pustaka jenis media noncetak yang diakses melalui internet
Sumber pustaka juga
dapat kita peroleh melalui akses internet dengan mesin pencari ( browser ). Misalnya,
menggunakan google, tinggal ketik jurnal atau artikel yang ingin dicari pada
kolom pencarian yang ada pada google.
Arikunto, Suharsimi.
2013. Manajemen Penelitian. Jakarta:
Rineka Cipta.
Darmadi,
Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.
Pontianak: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan
Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
0 Response to "MAKALAH METODOLOGI PENELITIAN"
Posting Komentar