MAKALAH METODOLOGI PENELITIAN

MAKALAH METODOLOGI PENELITIAN
“SUMBER-SUMBER PUSTAKA YANG SERING DIRUJUK OLEH KAKAK TINGKAT DAN CARA SEARCHING, TINJAUAN PUSTAKA, SERTA CONTOH YANG BAGUS DARI JUDUL YANG BAGUS DARI PRESENTER PERTAMA”
OLEH :
HARI NUGRAHA PERSADA
(E1M013012)

PENDIDIKAN KIMIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM
2016


SUMBER-SUMBER PUSTAKA YANG SERING DIRUJUK OLEH KAKAK TINGKAT DAN CARA SEARCHING, TINJAUAN PUSTAKA, SERTA CONTOH YANG BAGUS DARI JUDUL YANG BAGUS DARI PRESENTER PERTAMA
A.    Pengertian Tinjauan Pustaka
Tinjauan Pustaka mempunyai arti peninjauan kembali pustaka-pustaka yang terkait (review of related literature). Sesuai dengan arti tersebut, suatu tinjauan pustaka berfungsi sebagai peninjauan kembali (review) pustaka (laporan penelitian, dan sebagainya) tentang masalah yang berkaitan.
B.     Sumber Pustaka
Menurut Arikunto (2013), sumber bahan pustaka dapat diklasifikasikan atas beberapa jenis menurut bentuk dan isi. Menurut bentuknya sumber pustaka dibedakan atas sumber tertulis (printed materials) dan sumber bukan tertuliskan (non printed materials) sedangkan klasifikasi menurut isi, sumber pustaka dibedakan atas sumber primer maupun sumber sekunder.
Menurut Sugiyono (2013), Sumber bacaan yang baik harus memenuhi tiga kriteria, yaitu relevansi, kelengkapan dan kemutakhiran (kecuali penelitian sejarah, penelitian ini justru menggunakan sumber-sumber bacaan lama). Relevansi berkenaan dengan kecocokan antara variabel yang diteliti dengan teori yang dikemukakan, kelengkapan berkenaan banyaknya sumber yang dibaca, kemutakhiran berkenaan dengan dimensi waktu. Makin baru sumber yang digunakan, maka semakin mutakhir teori.
Jenis-jenis sumber pustaka ada yang berupa media cetak,sumber pustaka non media cetak, termasuk electronic library yang diakses melalui internet.
1.      Media cetak.
Secara umum ada 3 sumber pustaka media cetak yaitu:
a.       Buku acuan (General References)
b.      Sumber pustaka primer
c.       Sumber pustaka sekunder
2.      Media noncetak.




C.    Cara Mencari/Searching Sumber Pustaka
Ø  Mencari sumber pustaka yang berupa media cetak.
Langkah-langkah yang harus ditempuh:
§  Menentukan masalah penelitian secepat mungkin.
§  Mencari dan mempelajari sumber pustaka skunder.
§  Memilih buku acuan yang tepat.
§  Menentukan kata-kata kunci yang relavan.
§  Mencari sumber pustaka primer yang relevan.
§  Mendapatkan sumber pustaka yang tidak tersedia di perpustakaan.
Ø  Mencari sumber pustaka berupa media elektronik/on-line
Sumber pustaka juga dapat kita peroleh melalui akses internet dengan mesin pencari   ( browser ).
D.    Contoh yang Bagus dari Judul yang Bagus dari Presenter Pertama
Dilihat dari Tinjauan Pustaka
1.      Skripsi dari Suhandri Wandriati yang berjudul “ Studi Komparasi Penggunaan Media Animasi dengan Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Koloid Kelas XI IPA MAN 1 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015”
Dalam tinjauan pustakanya:
2.1.1 Belajar dan Hasil Belajar
            Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya menurut Arsyad (2013). ….. dst
            Belajar sebagai suatu aktivitas mental atau psikis dipengaruhi oleh berbagai faktor. Menurut Slameto (2010) faktor- faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar dibagi atas dua faktor utama, yaitu faktor yang bersumber dari dalam diri peserta didik atau faktor intern dan faktor yang berasal dari luar peserta didik atau faktor ekstern. ……. dst
            Tingkat perkembangan mental tersebut terwujud pada jenis-jenis ranah kognitif, afektif, dan psikomotor (Dimyati, 2006).

Dilihat dari isi tinjauan pustaka di atas, dapat dikatakan kalau isi dari tinjauan pustakanya kurang lengkap, penulis tidak menuliskan kesimpulan atau rangkuman teori menurut pendapatnya.
2.      Skripsi dari Lusi Lolita yang berjudul “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Prestasi Belajar Kimia Materi Koloid Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 7 Mataram”
Dalam tinjauan pustakanya:
2.1.1 Pengertian Prestasi Belajar
            Menurut Syarif (2012), prestasi belajar siswa memperlihatkan dirinya telah mengalami proses belajar dan telah mengalami perubahan- perubahan baik perubahan dalam memiliki pengetahuan, keterampilan, ataupun sikap. ….. dst
            Prestasi belajar dapat diketahui setelah diadakan evaluasi. Hal ini sesuai dengan yang dikemukakan Djamarah (2012) bahwa prestasi belajar adalah hasil penilaian pendidikan tentang kemajuan siswa setelah melakukan aktivitas belajar. …… dst
            Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dalam selang waktu tertentu yang dinyatakan dalam bentuk angka dan huruf. Prestasi belajar tidak hanya berguna bagi guru untuk mengetahui berhasil atau tidaknya proses pembelajaran yang dilakukan, tetapi diperlukan oleh siswa untuk melihat berhasil atau tidaknya siswa belajar yang secara langsung dapat menjadi motivasi untuk siswa itu sendiri dalam mencapai prestasi belajar yang lebih baik.
Dilihat dari isi tinjauan pustaka di atas, dapat dikatakan kalau isi dari tinjauan pustakanya sudah lengkap, penulis menuliskan kesimpulan atau rangkuman teori menurut pendapatnya.
            Dilihat dari Sumber Pustaka
Skripsi dari SUHANDRI WANDRIATI yang berjudul “ Studi Komparasi Penggunaan Media Animasi dengan Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Koloid Kelas XI IPA MAN 1 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015”
 Dalam skripsi ini adapun sumber pustaka yang digunakan yaitu:
1)      Media Cetak
Sumber pustaka primer berupa skripsi
Dari skripsi seperti:
§  Agriastina, R.P.2014. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Benar Salah Berantai terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Termodinamika Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Mataram Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas Mataram.
§  Rofiqa, E. 2013. Pengaruh Metode Pemetaan Pikiran terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Hidrokarbon Pada Siswa Kelas X MAN 1 Mataram. Skripsi. Universitas Mataram.
Sumber pustaka sekunder  berupa buku teks
Dari buku teks seperti:
§  Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
§  Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
2)      Media Noncetak yang diakses melalui internet
Sumber pustaka yang berupa media noncetak yang diakses melalui internet seperti:
§  Santyasa, I. W. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Tersedia: http://www.freewebs.com/santyasa/pdf2/Media_Pembelajaran.pdf, diakses pada 22 Januari 2015
Cara memperoleh sumber-sumber pustaka di atas, yaitu:
a.       Sumber pustaka jenis media cetak
§  Sumber pustaka primer berupa skripsi, dapat diperoleh atau diakses secara langsung di Perpustakaan FKIP UNRAM yang berada di Lantai 2 gedung D, atau di UPT. Perpustakaan UNRAM lantai 3
§  Sumber pustaka skunder berupa buku teks, dapat diperoleh atau diakses langsung di UPT. Perpustakaan UNRAM lantai 2
b.      Sumber pustaka jenis media noncetak yang diakses melalui internet
Sumber pustaka juga dapat kita peroleh melalui akses internet dengan mesin pencari ( browser ). Misalnya, menggunakan google, tinggal ketik jurnal atau artikel yang ingin dicari pada kolom pencarian yang ada pada google.


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
           Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Pontianak: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.







0 Response to "MAKALAH METODOLOGI PENELITIAN"

Posting Komentar